Sekolah Baruku

Meski kuliahku di Indonesia ngga rampung-rampung (huh...memalukan...hehehe), sudah 2 minggu ini aku sekolah lagi. Aku belajar bahasa dan budaya Perancis di Alliance Française Paris.

Lokasi sekolah ini strategis banget. Terletak di Boulevard Raspail No. 101, yang dekat dengan banyak tempat menarik. Jardin du Luxembourg atau taman Luxembourg yang selalu punya berbagai acara seni dan pameran foto, Tour de Montparnasse (liat gedung tinggi di belakangku) salah satu landmark Paris modern, dekat Katedral Notre-dame, Balaikota, Boulevard St. Michel...pokoknya komplit dari tempat klasik sampai modern, tempat nonton pameran sampai shopping...

Ada empatbelas murid di kelasku, dan ngga ada satupun yang umurnya di bawah 25 tahun. Semuanya masih dalam level "niveau debutant" alias new beginner, alias kemampuan bahasa Perancisnya ancur... =)

Ada 3 co lucu plus 1 ce pendiam dari USA yang selalu mengeja tulisan Perancis dengan logat Amerikanya, ada 1 co super serius dari Turki yang sehari-harinya jadi tourist guide buat turis Turki di Paris (keliatannya ngomong Perancisnya lancar, tapi grammarnya ancur...), ada 1 ce pelukis dari Iran, 1 istri diplomat Jepang, 1 ibu rumah tangga asal Vietnam, 1 ce asal Finland yang super pendiem dan sering absen, 1 ce penari asal Brazil yang kerja di pub di Montmartre, ada 1 political scientist asal Mexico, 1 ce misterius dari China, 1 ce asal Surabaya, dan 1 ce asal Semarang, Indonesia...

Guru kami, Madamme BĂ©atrice kreatif banget. Dengan kemampuan bahasa kami yang pas-pasan, beliau harus berjuang keras untuk membuat kami mengerti apa yang diajarkan.

Misalnya, dengan cara seperti ini....

Yup. Role Play!

Di foto itu adaah pelajaran tentang letak suatu benda. "Dave est sous la chaisse"...

Atau, "Dave is under the chair"...hahahahaha....


Yang juga seru dari sekolah lagi adalah... PR!

Hiks. Tiap hari kami dapat PR yang harus dikerjakan. Nggak tanggung-tanggung, PRnya berkisar dari 2 sampai 4 halaman!

AF Paris bukan cuma tempat kursus bahasa Perancis, tapi juga Pusat Kebudayaan. Liat aja tulisan di kaca belakangku.

That's why, ada banyak kegatan buat murid di sini, mulai dari Cine-Club, dimana kita nonton film Perancis berkualitas sekali seminggu di teatre Alliance France dan membahasnya; gratis!

ada juga Resto Club, dimana kita bisa ikut acara makan siang tiap hari dengan menu khas Perancis, ada juga kegiatan tour dari satu pameran ke pameran lain, atau tour ke tempat-tempat unik di Paris.

Selain itu perpustakaannya mendukung banget usaha buat belajar budaya dan bahasa Perancis. Selain buku ada perangkat multimedia mulai dari komputer buat belajar sampai latihan test standard bahasa perancis. Ada juga ruang audiovisual buat nonton film, atau dengerin musik klasik, and they're my favorite place!